Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang
gunanya.com | Ilustrasi Buah Pisang Untuk Kesehatan

Ketahui Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Menjaga Kesehatan

gunanya.com- Pisang adalah buah yang sangat digemari banyak orang. Pisang tidak hanya lezat, pisang juga kaya akan manfaat kesehatan. Pisang adalah buah yang kaya serat, kaya protein, vitamin A, B66, C, mangan, kalium, riboflavin, asam folat, niasin dan zat besi. Buah yang satu ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi menu lain. Dapat dibakar, dikukus, digunakan sebagai jus dan banyak lainnya. Umumnya, setelah makan pisang, kebanyakan orang hanya membuang kulitnya. Namun tanpa disadari, kulit pisang juga kaya akan manfaat kesehatan. Karena itu, jangan biasakan untuk segera membuang kulit pisang. Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang;

  1. Menghilangkan gatal
    Kulit pisang bisa menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Memijat benjolan yang digigit serangga dengan bagian dalam kulit pisang dapat memiliki efek ini. Juga diklaim bahwa metode ini bekerja pada ruam yang disebabkan oleh poison ivy atau poison oak.

  2. Melancarkan buang air besar
    Salah satu cara terbaik untuk menjaga buang air besar secara teratur adalah memastikan Anda mendapat cukup serat. Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga mengandung banyak serat. Makan langsung atau bisa diblender bagian kulit dengan buahnya. Jika Anda tidak bisa makan semua kulitnya, Anda bisa mengupas dan makan sebanyak mungkin bagian dalam kulitnya.

  3. Membantu memutihkan gigi
    Ada banyak cara untuk memutihkan gigi, dan sebagian besar menggunakan pemutih yang tergolong zat keras. Sebagai gantinya, gunakan kulit pisang yang mengandung kalium dan potasium alami. Anda cukup menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi Anda setiap hari selama sekitar 2 minggu. Hasilnya akan mulai terasa setelah anda rutin.

  4. Menjaga kesehat kulit
    Kulit pisang mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kulit. Untuk mengurangi keriput, gosok kulit pisang langsung ke area yang diinginkan. Biarkan zat lengket selama sekitar 30 menit sebelum mencuci muka. Untuk melembabkan kulit, hancurkan kulit menjadi pasta, aduk dengan kuning telur dan oleskan campuran tersebut secara merata ke wajah atau leher. Biarkan selama 5 menit dan kemudian cuci sampai bersih. Efektivitas yang sama berlaku untuk penyembuhan eksim, jerawat, dan psoriasis. Bisa juga dengan menambahkan madu yang dicampur dengan pisang yang bernutrisi untuk mengatasi kulit kusam dan terlalu kering. Ini juga baik untuk merawat kulit lansia, yang cenderung mengering. Selain itu, pisang bagus untuk mengobati jerawat. Caranya: gigit daging pisang yang sudah matang, lalu oleskan di kulit yang cenderung berjerawat. Biarkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan ini secara teratur sampai jerawat hilang.

  5. Membantu anda tidur lebih cepat
    Ini adalah bahan kimia alami yang mendukung kualitas tidur, sementara serotonin adalah bahan kimia perasaan yang baik yang membantu Anda rileks. Kulit pisang mengandung jumlah cukup bayak dari kedua zat yang disebutkan sebelumnya dan cukup baik. Anda tidak harus memakan kulit begitu saja. Cukup gosok bagian dalam kulit dan bilas atau aduk.

  6. Lindungi kesehatan mata
    Zat dalam kulit pisang, yang disebut lutein, adalah antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang merusak mata dan melindungi terhadap radiasi UV yang berbahaya dari matahari. Asupan lutein yang cukup setiap hari telah terbukti mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

  7. Menurunkan kolesterol
    Serat makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kulit pisang mengandung lebih banyak serat daripada buah itu sendiri, jadi jika Anda menghilangkan kulitnya, Anda tidak memiliki peluang untuk meningkatkan asupan serat. Serat akan larut dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah dengan mengikatnya ke usus. Kolesterol kemudian akan keluar meninggalkan tubuh sehingga tidak menyumbat pembuluh darah.

  8. Membantu mengatasi hipertensi
    Kalium dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat makanan yang terkandung dalam pisang dapat mengikat lemak, sehingga pembentukan plak dapat dicegah. Plak dapat menyempit dan bahkan menyumbat arteri, menyebabkan tekanan darah tinggi.

  9. Sumber karbohidrat dan vitamin A
    Pisang kaya akan vitamin dan serat, dibandingkan dengan apel, pisang memiliki karbohidrat dua kali lebih banyak dan vitamin A lima kali lebih banyak. Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium dan kalium, yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

  10. Pisang melancarkan metabolisme
    Tidak perlu obat. cukup dengan mengonsumsi pisang, anda dan mereka mungkin yang kesulitan buang air besar bisa makan pisang sebagai langkah pengobatan. Karena pisang dapat membantu mempercepat penghapusan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

  11. Menambah imun tubuh
    Apakah anda melakukan banyak kegiatan dan suka berolahraga berlebihan? Kandungan vitamin A, C dan B6 yang ditemukan dalam pisang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Agar badan terasa segar dan tidak mudah tumbang.

  12. Memperlancar aliran oksigen ke otak
    Pisang kaya akan kalium, mineral penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Karena itu, sirkulasi oksigen ke otak dapat dijamin dan stroke yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dapat dicegah.

  13. Atasi anemia
    Hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Jadi buah ini baik untuk orang yang tidak memiliki atau kekurangan darah merah. Justru untuk mendukung pembentukan hemoglobin atau protein yang mengandung zat besi.

  14. Menurunkan berat badan
    Bagi orang yang sedang diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak secara dramatis meningkatkan kadar glukosa. Selain itu, pisang rendah lemak, sehingga aman bagi peserta dalam program penurunan berat badan. Di Jepang, ada tren diet baru: minimal satu dan maksimum empat pisang untuk sarapan. Ini dikatakan untuk mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu berusaha berolahraga terlalu keras.

  15. Tulang yang sehat
    Makan pisang secara teratur dapat membantu menyehatkan tulang Anda. Pisang adalah buah yang mengandung mangan yang cukup besar.

  16. Pisang sebagai "Mood Food"
    Apakah makanan membuat orang merasa enak? Ya tentu saja, jika bahan makanannya termasuk "mood food", yang merupakan makanan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di otak. Hormon ini menyebabkan perasaan senang.

Pantas saja ya, kalau diperhatikan ini juga menjadi Alаѕаn pаrа atlit seluruh dunіа mеngkоnѕumѕі buаh pisang, dan ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, Batang pisang juga bisa untuk kesehatan dan perawatan tubuh anda. Demikian beberapa manfaat yang bisa coba di jelaskan melalui artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga anda dan juga teman-teman anda. Jika merasa bermanfaat, silahkan di share ke manapun anda suka.

Setiap buah pasti mengandung gizi. Itulah sebabnya mengapa setiap orang yang sering mengkonsumsi buah seringkali terlihat lebih sehat dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsinya. Pisang sebagai salah satu buah yang memiliki banyak jenis pun demikian. Tidak hanya memiliki banyak jenis, pisang pun memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah khasiat dan manfaat buah Pisang tersebut?

Terkadang orang malu mengakui bahwa dirinya menyukai buah Pisang. Hal tersebut dikarenakan buah Pisang merupakan buah yang paling disukai Monyet. Padahal terdapat beragam khasiat dan manfaat buah Pisang untuk kesehatan. Buah berbentuk panjang tersebut tidak hanya memiliki rasa yang manis, tetapi juga memiliki beragam manfaat yang tidak bisa diragukan lagi. Hal ini tentunya menjadi berita gembira bagi penggemar buah Pisang sebab mereka tidak hanya akan mendapat buahnya yang terasa manis dan lembut saja, tetapi juga akan mendapatkan beragam manfaat yang ditawarkan. Khasiat dan manfaat buah Pisang tentunya bisa dirasakan oleh sebagian besar penggemar buah Pisang yang menyadarinya.

Khasiat dan manfaat buah Pisang tidak hanya untuk mencegah dan mengobati beragam penyakit saja, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan energi untuk beraktivitas. Berikut ini merupakan khasiat dan manfaat buah Pisang untuk kesehatan

  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan lambung
  • Membantu proses penyerapan nutrisi
  • Membantu program diet
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah dan mengobati asam lambung
  • Mengobati diare
  • Mengobati anemia
  • Mencegah stroke dan tekanan darah

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah Pisang untuk kesehatan. Ternyata buah yang dianggap biasa tersebut mengandung sesuatu yang luar biasa, bukan? Tidak hanya bisa mencegah dan mengobati beragam penyakit seperti yang di atas saja, buah Pisang juga disebut-sebut mampu meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang mengkonsumsinya tidak akan mudah lelah dalam beraktivitas. Setelah mengetahui khasiat dan manfaat buah Pisang di atas, siapakah yang masih malu mengaku sebagai penggemar buah Pisang?

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update