Kemangi untuk Kesehatan Badan dan Perawatan Kulit

Kemangi untuk Kesehatan Badan dan Perawatan Kulit

Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Badan dan Perawatan Kulit
gunanya.com | Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Sehari-hari

Manfaatkan Kemangi Untuk Kesehatan Badan dan Perawatan Kulit

gunanya.com- Kemangi adalah bumbu kuliner dari keluarga Lamiaceae. Basil atau kemangi adalah tanaman asli daerah tropis dari Afrika tengah hingga Asia Tenggara. Ini adalah tanaman lunak, dan digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan di seluruh dunia. Tergantung pada spesies dan kultivar, daunnya mungkin terasa agak seperti adas manis, dengan aroma yang kuat, menyengat, dan seringkali ada terasa manis. Ada banyak varietas kemangi, serta beberapa spesies terkait atau hibrida yang juga disebut kemangi. Jenis yang biasa digunakan sebagai rasa dan bumbu masakan biasanya disebut kemangi manis, Berbeda dengan kemangi Thailand, kemangi lemon, dan kemangi suci. Sementara sebagian besar varietas kemangi diperlakukan sebagai tanaman semusim, beberapa di antaranya abadi di iklim tropis yang hangat, termasuk kemangi suci dan kultivar yang dikenal sebagai "kemangi biru Afrika".

Deskripsi Kemangi

Kemangi adalah ramuan tahunan, atau terkadang abadi, yang digunakan adalah daunnya. Tergantung pada varietasnya, daunnya kaya hijau dan bulat telur, tetapi sebaliknya beberapa dalam berbagai ukuran dan bentuk tergantung pada kultivar. Ukuran daun berkisar dari yang panjang sampai yang lebar. Kemangi tumbuh menjadi akar pohon tunggang yang tebal. Bunganya kecil dan putih, dan tumbuh dari perbungaan pusat yang muncul dari batang pusat di atas tanaman.

Kandungan Kimianya

Berbagai basil memiliki aroma yang berbeda karena ramuan memiliki sejumlah minyak esensial yang berbeda dalam proporsi yang berbeda untuk berbagai kultivar. Konstituen lain termasuk: 1,8-cineole, eugenol, dan myrcene, antara lain. Aroma cengkeh kemangi manis berasal dari eugenol. Profil aroma kemangi termasuk 1,8-cineole dan methyl eugenol.

Taksonomi Kemangi

Taksonomi yang tepat dari kemangi tidak pasti karena banyaknya kultivar, polimorfinya yang siap, dan sering penyerbukan silang dengan anggota lain dari genus Ocimum dan di dalam spesies. Ocimum basilicum memiliki setidaknya 60 varietas, yang semakin memperumit taksonomi diantaranya:
- Kemangi Thailand
- Hibrida
- Kemangi biru Afrika
- Kemangi lemon
- Kemangi cengkeh
- Kemangi suci
- Kemangi Thailand
- Hibrida
- Kemangi biru Afrika
- Kemangi lemon
- Kemangi cengkeh
- Kemangi suci

Kultivar Kemangi

Beberapa kemangi lain, termasuk beberapa spesies Ocimum lainnya, tumbuh di banyak wilayah Asia. Sebagian besar kemangi Asia memiliki rasa seperti cengkeh yang, secara umum, lebih kuat dari kemangi Mediterania, seperti tulsi. Kemangi Lemon memiliki aroma dan aroma lemon yang sangat berbeda dengan varietas lainnya karena mengandung bahan kimia yang disebut citral. Ini banyak digunakan di Indonesia, di mana dikehidupan sehari-hari masyarakatnya menyebutnya kemangi, disajikan mentah bersama dengan kubis mentah, kacang hijau, dan mentimun sebagai iringan ikan goreng atau bebek. Bunganya, ketika putus, adalah bumbu salad zesty.

Etimologi Kemangi

Nama Kemangi atau "basil" berasal dari bahasa Latin, basilius, dan Yunani βασιλικόν φυτόν, "tanaman kerajaan/raja", mungkin karena tanaman itu diyakini telah digunakan dalam produksi parfum kerajaan. Nama Latin telah dikacaukan dengan basilisk, karena itu seharusnya menjadi penangkal racun basilisk. Di Eropa Utara, Kanada, negara bagian utara AS, dan Pulau Selatan Selandia Baru akan tumbuh paling baik jika ditanam di bawah kaca dalam pot gambut, kemudian ditanam pada akhir musim semi/awal musim panas.

Selain itu, mungkin ditaburkan di tanah begitu musim es sudah lewat. Ini tarif terbaik dalam eksposur cerah, berdrainase baik. Meskipun kemangi tumbuh paling baik di luar ruangan, kemangi dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot dan, seperti kebanyakan bumbu lainnya, akan paling baik digunakan di ambang jendela yang menghadap matahari. Itu harus dijauhkan dari angin yang sangat dingin, dan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang kuat, oleh karena itu rumah kaca atau penutup baris sangat ideal jika tersedia. Namun, itu dapat ditanam bahkan di ruang bawah tanah, di bawah lampu neon.

Jika daunnya layu karena kekurangan air, ia akan pulih jika disiram secara menyeluruh dan diletakkan di lokasi yang cerah. Daun kuning ke arah bagian bawah tanaman merupakan indikasi bahwa tanaman tersebut telah tertekan atau stress, biasanya ini berarti membutuhkan lebih sedikit air, atau lebih sedikit atau lebih banyak pupuk. Di iklim yang lebih cerah seperti Eropa Selatan, negara-negara selatan AS, Pulau Utara Selandia Baru, dan Australia, kemangi akan tumbuh subur ketika ditanam di luar. Dan juga tumbuh subur selama musim panas di Amerika Serikat bagian tengah dan utara, tetapi mati ketika suhu mencapai titik beku. Ini akan tumbuh kembali tahun depan jika dibiarkan saja di tanah.

Tumbuhan ini membutuhkan penyiraman secara teratur, tetapi tidak sebanyak yang dibutuhkan di iklim lain. Kemangi juga dapat diperbanyak dengan andal dari stek dengan batang stek pendek ditangguhkan selama dua minggu atau lebih di dalam air sampai akar berkembang. Setelah batang menghasilkan bunga, produksi dedaunan berhenti pada batang itu, batang menjadi berkayu, dan produksi minyak esensial menurun. Untuk mencegah hal ini, petani kemangi dapat mencabut batang bunga sebelum benar-benar matang. Karena hanya batang yang mekar yang terpengaruh, beberapa batang dapat dicubit untuk produksi daun, sementara yang lain dibiarkan mekar untuk hiasan atau biji. Setelah tanaman dibiarkan berbunga, dapat menghasilkan polong biji yang mengandung biji hitam kecil, yang bisa untuk di jadikan bibit kembali. 

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan
Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Sehari-hari
  1. Tingkatkan Kesehatan Mata, Hanya dengan 100 gram daun kemangi segar setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini sangat penting karena, daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat daun kemangi juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang bermasalah dengan penglihatan.

  2. Mencegah Demam, Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengurangi demam karena flu. Saat demam karena flu, kamu dapat mengunyah daun kemangi. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan.

  3. Meredakan Batuk, Selain itu, saat batuk melanda, kamu bisa mendapatkan manfaat daun kemangi untuk meredakannya. Ambil 8 lembar daun kemangi, campur dengan cengkeh kemudian seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk sedikit membantu memberikan rasa. Biarkan hingga dingin kemudian minum. Lakukan secara rutin setiap hari untuk menghilangkan batuk.

  4. Meningkatkan Sistem Imun, Rutin mengonsumsi kemangi setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

  5. Meringankan penyakit kulit, Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Selain itu, banyak lagi manfaat daun kemangi bagi kulit yang tidak kalah pentingnya.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

  1. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat, Manfaat daun kemangi bagi kecantikan yang pertama adalah mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah. Ia bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

  2. Kulit menjadi bercahaya, Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah Anda dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

  3. Mencegah Penuaan, Selain itu, manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulit Anda secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda. Ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata. Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih. Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar.

  4. Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit, Merupakan salah satu manfaat daun kemangi. Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air.

  5. Mampu mengobati luka infeksi, Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit. Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.
Demikian artikel dengan judul Kemangi untuk Kesehatan Badan dan Perawatan Kulit, Mungkin artikel dengan judul 3 Khasiat Konsumsi Bawang Merah Mentah, menarik juga untuk di baca.
Sumber Referensi: https://hot.liputan6.com

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update