Manfaat Tersembunyi Dari Petai Yang Belum Kamu Tahu

Manfaat Tersembunyi Dari Petai Yang Belum Kamu Tahu

Manfaat Tersembunyi Dari Petai
gunanya.com | Manfaat Tersembunyi Dari Petai

gunanya.com- Iya kali ini kita akan membahas jenis tumbuhan dari suku polong-polongan (Fabaceae) ini. Yang konon banyak orang yang merasa gengsi untuk mengakui bahwa dirinya sangat menyukai buah dari tumbuhan ini. Sebelum kita tahu lebih dalam lagi tentang apa saja manfaat dari buah Petai ini yang digunakan untuk membantu kesehatan kita, ada baiknya kita harus lebih mengenal dulu apa itu Petai.

Apa itu Petai ?

Petai atau Parkia speciosa adalah merupakan pohon tahunan tropika yang berasal dari suku polong polongan (Fabaceae). Anak-suku petai-petaian (Mimosoidae), tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" ini biasa dikonsumsi ketika masih muda. Baik segar yang biasa untuk menjadi lalap-lalapan maupun direbus ataupun digoreng atau dikreasikan dan dikombinasikan dengan sayuran lainnya.

Rahasia dan Manfaat Tersembunyi Dari Petai Yang Belum Kamu Tahu

Karena pohon petai adalah pohon menahun maka tingginya dapat mencapai 20 meter dan kurang bercabang. Daunnya adalah majemuk dan tersusun sejajar begitu juga dengan bunganya adalah majemuk dan tersusun dalam bongkol. Bunga biasanya muncul tepat di dekat ujung ranting dan buahnya besar memanjang, bertipe buah polong. Dari satu bongkolnya terdapat lebih kurang sampai belasan buah dan pada satu buah terdapat hingga 20 biji yang memiliki warna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput sedikit agak tebal kecoklatan terang. Buah petai akan mengering jika sudah matang dan akan melepaskan biji-bijinya.

Referensi:

Menurut Dr. Aminuddin AHK dari Departement of Physiologi Medical Faculty of Universitas Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur bahwa petai dapat digunakan sebagai obat diantaranya; Anemia, Stress, Sindroma pramenstruasi, Depresi, Sakit perut, Cacingan dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat serta kandungan zat dari petai 

  1. Ringankan gejala PMS, Petai mengandung vitamin B, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk meringankan gejala PMS. Efek triptofan yang dihasilkan petai membantu menstabilkan suasana hati. Vitamin B, terutama vitamin B1, dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu meningkatkan mood seseorang.

  2. Cegah Anemia, Petai kaya akan zat besi yang mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah. Ini dapat mencegah timbulnya anemia. Gejala anemia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi petai. Ini karena pete dapat mengatasi lelah, letih, lesu, dan lemas, pusing dan mual yang menganggu aktivitas.

  3. Atasi stres, cemas, dan depresi, Petai juga mengandung vitamin B yang tinggi yang membantu melemaskan sistem saraf pusat. Petai diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

  4. Stabilkan tekanan darah, Petai kaya akan kalium dan rendah natrium. Perpaduan ini membuatnya ideal untuk menaklukkan tingkat tekanan darah. US Food and Drug Administration mulai membudidayakan petai karena diklaim mampu mencegah tingkat tekanan darah dan stroke jantung.

  5. Tingkatkan fungsi kognitif, Penelitian telah mengungkapkan bahwa makanan yang dikemas dengan potasium dapat membantu belajar dengan membuat siswa lebih waspada dan juga meningkatkan daya ingat. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan impuls saraf di seluruh sistem saraf. Impuls saraf membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan banyak proses lainnya.

  6. Lancarkan pencernaan, Petai bisa digunakan sebagai makanan untuk gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Petai menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut. Serat ditemukan dalam petai yang membantu pencernaan makanan. Bagi siapa saja yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, petai cocok dikonsumsi.

Bagaimana, masih gengsian buat makan atau mengakui bahwa petai adalah makanan favorit kamu dirumah ? Ayo mulai sekarang gak usah ragu atau malu, beranikan dirimu untuk makan petai di tempat umum. Jangan beraninya cuma makan petai dirumah aja. Oke sekian dulu pembahasan artikel Manfaat Tersembunyi Dari Petai Yang Belum Kamu Tahu ini kita bahas dan semoga bermanfaat.

Credit: Funpage FB Obat Herbal Alami

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update