Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Manfaat tumbuhan krokot untuk kesehatan
gunanya.com | Manfaat Krokot untuk Kesehatan

Tumbuhan liar "Krokot" Mahal dan berjuta manfaat

gunanya.com- Krokot adalah bahasa daerah dan yang biasa disebut oleh masyarakat Indonesia, tumbuhan ini adalah salah satu genus dari tanaman bersuku Portulacaceae; adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Salah satu spesiesnya yaitu Portulaca oleracea yang dikenal sebagai tanaman yang bisa dimakan dan dikonsumsi manusia untuk sehari-hari dan dikenal di beberapa daerah di Indonesia sebagai tanaman hama yang cukup mengganggu di pekarangan rumah.

Mimin ingat pada jaman masih SD sekitar 17 tahun yang lalu, tumbuhan krokot ini sering mimin pakai untuk bahan pada saat bermain masak-masakan bersama anak-anak perempuan dikampung mimin. Tumbuhan ini juga sangat banyak di pekarangan rumah mimin, bahkan setiap 3 minggu sekali mimin rutin di suruh si Emak untuk membersihkan pekarangan rumah dari berbagai macam rumput-rumputan liar dan salah satunya adalah krokot ini. Tapi sekarang entah mengapa sudah tidak ada lagi tumbuhan krokot ini muncul dipekarangan rumah mimin. Mimin sudah berusaha mencari sampai ke pekarangan rumah tetangga, namun tidak menemukan satupun. Oke lanjut, tinggalkan dulu cerita masa lalu mimin waktu SD.

Beberapa spesies dari Portulaca biasanya juga menjadi makanan bagi ulat, ngengat, tawon, lebah dan kupu-kupu. karena krokot ini memiliki bunga yang disukai oleh binatang-binatang tersebut. Nah ternyata sekarang krokot itu sudah diperjual belikan di marketplace seperti shopee dan tokopedia dan ternyata harganya berkisar antara 50rb sampa 85rb per 500gram. Cobah deh hitung kalau kamu punya daun krokot ini sebanyak 1 ton atau 1.000kg, artinya kamu bisa kaya mendadak. Tapi stop berpikir terlalu jauh kesana, lebih baik kita simak dulu nih manfaat apa sih yang bisa kita dapatkan dari daun krokot ini?? kalau penasaran langsung simak dibawah ini untuk ulasannya!

Manfaat Tumbuhan Krokot untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Krokot mampu mengurangi jumlah LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Serta membantu meningkatkan keseimbangan kolesterol yang sehat dalam aliran darah. Selain itu mengonsumsi makanan dengan omega-3 terbukti mengurangi risiko kardiovaskular, serta aterosklerosis, untuk sehingga bisa mencegah stroke dan serangan jantung.

2. Menurunkan berat badan

Krokot sangat rendah kalori tetapi kaya nutrisi, dan dikemas dengan serat makanan tinggi, dengan makan krokot berarti orang bisa merasa kenyang dan menambah asupan kalori secara signifikan, serta membantu turunkan berat badan.

3. Mempromosikan perkembangan anak

Untuk pengganti minyak ikan yang mahal dipasaran maka krokot bisa menjadi alternatif murah meriah untuk memenuhi asupan omega-3 anak. Tumbuhan krokot adalah salah satu tumbuhan yangmemiliki kandungan asam lemak yang baik (omega-3) tingginya kadar tersebut jika dimakan anak-anak maka akan bermanfaat untuk penurunan gangguan perkembangan tertentu, termasuk autisme dan ADHD.

4. Mengobati penyakit Gastroinetestinal

Ma Chi Xian adalah sebutan krokot oleh orang China, krokot menjadi salah satu obat tradisional China yang dikenal sejak lama dengan manfaat yang banyak untuk digunakan mengobati diare pendarahan usus, wasir, dan disentri. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati berbagai kondisi usus.

5. Perawatan Kulit

Penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli pada tahun 2004 ditemukan bahwasannya daun krokot memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi. Dengan campuran senyawa pada gulma, mampu mengobati peradangan kulit seperti terkena sengatan lebah, dengan cara mengoleskannya. Tidak hanya disitu dan ternyata krokot juga mampu mengurangi keriput dan dapat merangsang penyembuhan sel-sel kulit untuk menghilangkan bekas luka.

6. Meningkatkan pengelihatan

Vitamin A dan beta-karoten yang terkandung di dalam krokot mampu meningkatkan kesehatan mata bahkan selama bertahun-tahun. Selain itu krokot ini juga dapat membantu mencegah degenerasi katarak dan makula yang berguna untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat menyerang sel-sel mata.

7. Potensi anti Kanker

Peneliti China pada tahun 2016 di dalam studinya juga telah menunjukkan bahwa minyak biji krokot memiliki sifat antioksidan dan antiproliferatif. Zat yeng disebutkan sebelumnya sangat mampu mengurangi stress oksidatif. Saat diuji pada sel kanker, minyak biji ini menghambat pertumbuhan sel tumor yang menunjukkan potensi anti kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengekplorasi sifat anti kankernya.

8. Memperkuat tulang

Kandungan lainnya yang terdapat pada krokot juga mampu mencegah tulang kropos, seperti kalsium, magnesium, besi dan mangan. Itu adalah elemen yang dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang di tubuh kita. Selain itu, krokot juga dapat mencegah osteoporosis.

9. Meningkatkan sirkulasi

Kandungan zat besi dan tembaga dalam krokot yang tinggi akan merangsang sel darah merah didalam tubuh. Kedua mineral ini sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi, dengan memberikan banyak oksigen, ke bagian penting tubuhnya. Zat besi dan tembaga juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan efisiensi metabolisme.

10. Melancarkan peredaran darah

Manfaat daun krokot untuk tubuh juga bagus untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan senyawa yang ada pada daun unik ini sangat cocok untuk mencegah penyakit penyumbatan darah di dalam tubuh.

11. Menenangkan pikiran

Anda bisa membuat pikiran Anda lebih tenang menggunakan daun krokot. Daun ini akan membuat pikiran Anda terbebas dari depresi maupun stress. Pikiran yang sehat akan membuat tubuh Anda sehat pula secara fisik.

Selain yang telah di sebutkan di atas krokot juga baik untuk:
  • Mengeluarkan racun di dalam tubuh
  • Melancarkan aliran darah
  • Mencegah kerontokan rambut
  • Mengatasi keputihan
  • Pelancar haid
  • Obat diare
  • Mengatasi disentri
  • Mencegah ambeien
  • Obat wasir
  • Anti hipertensi
  • Mencegah penyakit infeksi saluran kencing
  • Meringankan gejala asma
  • Mengatasi penyakit cacingan

Nah bagaimana? ada yang masih meragukan dan menyia-nyiakan krokot setelah baca artikel yang berjudul Harga Fantastis Bajakah mah lewat Krokot atau Portulaca tumbuhan liar dipekarangan rumahmu. Coba komen dibawah dan jelaskan dimana letak keraguan kamu. Mungkin artikel dengan judul Manfaat Daun Palem Bagi Kehidupan Manusia, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update