5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan, memutihkan gigi sekaligus menyegarkan bau nafas kurang sedap
gunanya.com | Manfaat Kulit Jeruk untuk kesehatan

gunanya.com- Semua dari kita pasti sudah pernah mengkonsumsi buah yang satu ini, buah jeruk. Rasanya yang nikmat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dikarenakan mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi perlu diingat ya, kalau selesai makan buahnya, itu kulitnya jangan dibuang. Mau tahu kenapa? karena kulit buah jeruk juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Gunakan kulit jeruk untuk merawat dan menjaga kesehatan

Untuk lebih jelasnya lagi ayo disimak sampai habis artikel ini. Supaya besok kalau kamu makan jeruk, itu kulitnya bisa kamu manfaatkan lebih.

5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Beberapa manfaat luar biasa di bawah ini bisa jadi pertimbangan kenapa sebaiknya kamu nggak buru-buru membuang kulit jeruk sembarangan.

1. Memutihkan gigi sekaligus menyegarkan nafas

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut D-Limonene. Kandungan dalam kulit jeruk ini dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Caranya cukup mudah dalam pemanfaatannya, kamu cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi yang menguning selama 2 sampai 3 menit. Kemudian bilas dan lakukan cara ini rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan perlahan memutih. Sedangkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulut, kamu cukup mengunyah kulit jeruk layaknya permen karet selama beberapa saat, lalu kamu boleh buang setelahnya.

2. Mengatasi insomnia

Minyak esensial dari kulit jeruk adalah obat penenang alami yang dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur kamu. Cara penggunannya adalah gunakan kulit jeruk yang dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat pada saat mandi sore atau sebelum tidur malam atau bisa juga merebusnya di dalam panci bersama beberapa butir kayu manis dan kapulaga. Lalu pindahkan pada baskom kecil dan taruh di samping tempat tidur kamu. Aroma yang dihasilkan dari air rebusan tadi bisa menenangkan suasana hati dan mengusir insomnia.

3. Cegah kanker kulit dan paru-paru

Flavonoid yang terkandung di dalam kulit buah jeruk mampu mendukung kinerja vitamin C untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi ilmiah telah membuktikan bahwa kulit buah jeruk yang memiliki aroma sedap ini mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa yaitu penyebab kanker kulit yang paling utama. Selain itu, kalau kamu mengonsumsi kulit jeruk dengan teratur juga lebih sedikit risiko menderita kanker paru-paru dibanding mereka yang hanya makan daging jeruknya saja loh.

4. Babat habis ketombe

Untuk menghilangkan ketombe, bagi kamu yang menderita ketombe yang sangat bandel. Kamu bisa menumbuk kulit jeruk lalu beri sedikit air dan biarkan cukup semalaman saja. Esokan harinya, gunakan sebagai sampo pengganti kamu, atau kamu bisa gunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk yang ditambahkan dengan sedikit madu lalu diseduh air hangat sebagai kondisioner alami. Caranya, oleskan pada rambut, pijat perlahan dan diamkan sejenak. Kemudian bilas rambut dengan air dingin. Perawatan sederhana ini bikin rambut terasa lebih halus dan mengilap. Mungkin artikel dengan judul Hair Tonic Daun Jambu Biji, menarik juga untuk di baca.

5. Menurunkan berat badan

Kulit jeruk dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Caranya sangat mudah yaitu, seduh bubuk kulit jeruk kering dalam air hangat yang ditambah madu lalu minumlah 2 cangkir per hari secara rutin. Ramuan ini juga sangat ampuh mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Sepertinya cukup sampai disini dulu ya pembahasan Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan ini, dan jangan lupa ya Habis Makan Jeruk Kulitnya Jangan Dibuang Sembarangan Karena Anda Akan Rugi.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update