Manfaat Buah Kelapa Sawit untuk Kesehatan yang Tidak Pernah Diduga

Manfaat Buah Kelapa Sawit untuk Kesehatan yang Tidak Pernah Diduga

Rahasia Buah Kelapa Sawit Untuk Kesehatan Yang Tidak Pernah Diduga

gunanya.com- Buat kalian semua terutama didaerah yang sangat mudah menemukan buah kelapa sawit, wajib disimak nih pengetahuan tentang Manfaat Buah Kelapa Sawit Untuk Kesehatan Yang Tidak Pernah Diduga. Pohon kelapa sawit memang terlihat hampir mirip dengan palem, seperti artikel dengan judul, Manfaat Daun Palem Bagi Kehidupan Manusia, menarik juga untuk di baca.

Sebelum kita bahas lebih dalam lagi, ada baiknya kita coba mengenal lebih jauh lagi apa itu buah kelapa sawit. Karena sebagaian dari kita pastinya belum mengenal betul dengan buah yang satu ini. Walaupun sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebenarnya kita semua sudah sering dan bahkan setiap hari tanpa kita sadari telah mengkonsumsi buah kelapa sawit ini. Kenapa mimin berkata seperti itu ?, nah begini ya, contoh kecilnya saja yang sering kita konsumsi dan tidak pernah lepas dari keseharian kita adalah Minyak goreng, sabun, kosmetik dll.

Nah kebanyakan Minyak goreng yang sering kita lihat dan konsumsi adalah salah satu produk yang bahan baku utamanya adalah dari buah kelapa sawit ini. Baiklah mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kelapa sawit.

Kelapa Sawit dan Asalnya Hingga Masuk Ke Indonesia

Kelapa sawit mulai dikenal pertama kali oleh Ca'da Mosto pada tahun 1435-1460, awalnya terdapat masalah untuk menanam pertama kali di India dan kepulauan Maurutius pada tahun 1836. Selanjutnya pada tahun 1870 benih Deli Dura pertama kali dibawa ke Asia Tenggara dan pertamakalinya negara diasia tenggara adalah negara Singapura tepatnya di Taman Botani Singapura. Pada tahun 1890 minyak kelapa sawit mulai dimanfaatkan untuk membuat margarine, tahun selanjutnya pabrik atau kilang untuk memproses minyak kelapa sawit dibangun dan dibina di Belgium, Congo.

Nah Masuknya kelapa sawit pertama kali ke Indonesia dan mulai dikenal sebagai salah satu komoditas yang menjanjikan adalah dimulai pada tahun 1848, yang membawanya adalah orang Belanda. Yang selanjutnya mulai tersebar ke Malaysia dan Singapura melalui Taman Botani Singapura yang sebelumnya dianggap sebagai tanaman hias.

Industri Kelapa Sawit

Perindustrian kelapa sawit di Indonesia dimulai dari empat buah benih atau bibit dari Afrika yang ditanam pertama kalinya di Taman Botani Bogor pada tahun 1848. Yang sebelumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang ditanam ditepi-tepi jalanan daerah Deli Sumatera pada tahun 1870-an dan di Rantau Panjang, dan juga di Kuala Selangor pada tahun 1911-1912.

Tanaman Kelapa Sawit Tertua Di Indonesia

Untuk kalian yang penasaran ingin melihat pohon kelapa sawit tertua se-asia tenggara, kalian bisa berkunjung ke Taman Botani Bogor. Disana terdapat benih dan pohon kelapa sawit yang ditanami dan berasal dari Afrika seluas 87 hektar yang mulai dibudidayakan sejak tahun 1817 oleh seseorang ahli botani berdarah belanda yang bernama Prof. Dr. Reinwadt.

Manfaat Buah Kelapa Sawit Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kelapa sawit sering digunakan sebagai bahan baku sabun, sampo, dan kosmetik karena bisa menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit. Selain itu, minyak kelapa sawit juga mampu melembabkan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam tokofenol dan tokotrienol (vitamin E) dapat mencegah penuaan dini.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH), tokotrienol mampu melindungi saraf pada otak, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit stroke.

Minyak kelapa sawit mengandung vitamin E (tokoferol dan tokotrienol) yang dapat mengurangi kejadian penyakit kronis. Tokoferol mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menghambat kerusakan sel dalam tubuh. Hal ini mengurangi risiko penyakit kanker.

Selain itu, tokotrienol juga mampu memperlancar aliran darah dalam otak, sehingga mampu mengurangi serangan penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan).

3. Memperbaiki Penglihatan

Beta karoten yang ada di dalam minyak kelapa sawit berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat mencegah masuknya radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, termasuk sel yang ada di dalam mata.

4. Mendukung Kehamilan Yang Sehat

Kandungan vitamin A (terutama beta karoten), D, E, dan K pada minyak kelapa sawit membantu mengatasi kekurangan vitamin pada ibu hamil, sehingga meningkatkan kesehatan janin bayi. Hal ini disebabkan kekurangan vitamin sangat rentan terjadi pada ibu hamil dan janinnya.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Minyak kelapa sawit memiliki kadar kolestrol baik (HDL) yang hampir sama dengan kolestrol jahat (LDL). LDL dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh arteri darah (atherosklerosis). Namun menurut penelitian di American Journal of Health Nutrition, jumlah HDL dan LDL yang ada di minyak kelapa sawit masih aman bagi jantung dan pembuluh darah, dengan catatan penggunaannya tidak berlebihan.

6. Penambah Energi

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam 1 sendok makan minyak kelapa sawit (13,6 g) terdapat 120 kcal energi dan 13,6 g lemak. Selain itu, beta karoten yang ada di dalam kelapa sawit sangat baik untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuhmu.

7. Membantu Mengurangi Rasa Luka Bakar

Manfaat lain adalah sebagai bahan campuran pendingin saat kulit mengalami luka bakar. Mendinginkan luka bakar dengan menggunakan putih telur dan juga minyak kelapa sawit yang dingin bisa mengurangi rasa dan efek luka bakar.

8. Mengurangi Resiko Katarak

Penggunaan minyak kelapa sawit mampu mengurangi resiko terjadinya katarak dan penurunan fungsi mata.

Nah bagaimana? sudah tau banyak kan Manfaat Buah Kelapa Sawit Untuk Kesehatan ?. Sampai disini dulu ya pembahasan mengenai kelapa sawit ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !
  1. Minyak goreng itu semua bukannya minyak sawit, kan dari kelapa sawit? apa semua bisa berkhasiat seperti diatas untuk kesehatan?

    ReplyDelete

Manfaatkan fasilitas komentar sebaik-baiknya, bukan untuk memancing keributan. Bersikaplah sopan dan santun. Terimakasih

Artikel Update