Daun Mimba Beragam Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Daun Mimba Beragam Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Manfaat daun mimba untuk kesehatan rambut dan kulit
gunanya.com | Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan

gunanya.com- Tanaman Mimba yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Neem Leaves (asli: Azadirachta indica) dan pertama kali ditemukan juga berasal dari negara India tepatnya di daerah Hindustani, Madhya Pradesh.

Penyebarannya ini pertama kali di Indonesia bermula dari daerah Pulau Jawa kisaran tahun 1500 M, tanaman Mimba ini tumbuh di daerah tropis yang dikenal dengan daerah dataran rendah (300 mdpl) seperti daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan termasuk Madura.

Detail Klasifikasi Mimba

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi         : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Subkelas         : Dialypetaleae

Bangsa : Rutales

Suku         : Meliaceae

Marga : Azadirachta

Jenis         : Azadirachta indica A. Juss

sumber: wikipedia.com

Penamaan Lainnya Berdasarkan Daerah Tempatan:

Nama daerah: Membha, Mempheuh (Madura); Intaran, Mimba (Bali) ; Imba, Mimba (Jawa);

Nama asing: Margosier, Margosatree, Neem tree (Inggris/Belanda)

Penamaan Ilmiah:

Nama ilmiah: Azadirachta indica

Gunanya Daun Mimba dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Ranting Pohon Mimba

Ranting dari pohon Mimba sering digunakan untuk obat batuk dan asma.

Biji dan Minyak Biji

Biji dan minyak biji dari pohon mimba sering sekali digunakan untuk penyembuhan kusta termasuk cacingan.

Batang Akar dan Buah Mimba

Bagian ini sering dipakai untuk digunakan sebagai face tonic membantu melembabkan permukaan kulit.

Daun Pohon Mimba

Sama saja dengan biji dan minyaknya, daun Mimba sangat sering digunakan untuk mengatasi penyakit kusta, kehilangan nafsu makan, gejala maag, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, kelainan pada mata, mimisan, cacingan, sakit perut dan juga penyakit hati.

Bunga Pohon Mimba

Bunga dari pohon ini juga bisa dimanfaatkan untuk alternatif pengobatan wasir (ambeien), cacingan, gangguan saluran kencing, dahak, luka, dan kusta.

Sari Kulit Kayu Pohon Mimba

Sari dari kulit kayunya berguna untuk membantu pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Pada bagian kulit batang pohon Mimba di waktu tertentu setiap tahunnnya akan menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan inilah yang bisa digunakan dengan cara diminum sebagai obat penyakit lambung di India.

8 Manfaat Daun Mimba Sebagai Obat

1. Antioksidan

Sudah tidak asing, jika tanaman Mimba sering dijadikan obat kulit, apalagi bagian daun Mimba memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat berguna membantu melindungi semua sel dari efek radikal bebas yang berasal dari lingkungn. Daun Mimba banyak sekali mengandung banyak flavonoid seperti asam askorbat, quercetin, katekin, karoten.

Kesemua komponen tersebut merupakan sumber antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh, bahkan antioksidan pada tanaman Mimba juga menjadi antiseptik sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan di permukaan kulit wajah. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu meminimalisir terjadinya kerusakan sel kulit mati.

2. Anti mikroba

Di penelitian Dental Journal tahun 2011 menunjukkan hasil bahwa minyak Mimba yang terbuat dari bijinya dapat menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut. Daun Mimba memiliki khasiat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit). Daun Mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, steroid, dan flavonoid, dan tanin yang dapat menangkal pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

3. Anti kanker

Penggunaan ekstrak daun Mimba sesuai takaran secara efektif mampu menekan sifat karsinogen di dalam tubuh. Daun Mimba dapat digunakan untuk obat pencegah terjadinya kanker, dan dari sebuah penelitian tahun 2012 dalam Archives of Gynecology and Obstetrics ditemukan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak Mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker sehingga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak Mimba memiliki efek antikanker pada pertumbuhan sel kanker prostat. Dilansir dalam laman Livestrong, ekstrak dari daun Mimba diduga berpotensi memiliki khasiat antikanker, yaitu membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

4. Pengobatan Diabetes

Dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa bagian daun Mimba bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alami guna menurunkan kadar gula darah. Aktifitas pemberian ekstrak minyak Mimba selama dua minggu berturut-turut, diketahui dapat mencegah terjadinya kenaikan gula darah. Yang mungkin mengejutkan ialah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktifitas hipoglikemik ekstrak Mimba setara dengan glibenclamide yang menjadi bahan aktif untuk penurun diabetes atau anti-diabetes.

Ya, dapat dikatakan bahwa daun Mimba sangat bermanfaat dalam hal mengontrol kadar gula dalam darah serta mencegah atau menunda terjadinya diabetes melitus. Seorang ahli botani Barat menyebut daun Mimba ini sebagai wonderfull tree karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, caranya serupa dengan pengobatan diare. Ambil daun Mimba yang sudah dikeringkan untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saringlah dan kemudian minum airnya. Minumlah air rebusan Mimba secara konsisten.

5. Pengobatan Diare

Ambil beberapa lembar daunnya. Kemudian, cuci dan rebuslah dengan sekitar 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saringlah. Karena airnya sangat pahit, maka tak ada salahnya jika Anda menambahkan madu ke dalamnya sebelum mengonsumsinya.

6. Pengobatan Masuk Angin

Berapa banyak daun Mimba yang harus direbus? Setidaknya siapkan 7 lembar daun Mimba yang direbus bersama 3 sampai 4 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan menyisakan 3 gelas takaran air. Minum 3 kali dalam sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Daun Mimba juga bisa digunakan untuk mengobati masuk angin. Rebuslah daun Mimba yang sudah dikeringkan dan satu rimpang Jahe sampai mendidih.

7. Mencuci Luka Terbuka

Sebelum melakukan ini, pastikan agar daun Mimba yang digunakan benar-benar tidak terkontaminasi dengan organisme atau zat lain. Sehingga cairan daun Mimba yang akan digunakan tetap dalam keadaan steril. Untuk mencuci luka baru, luka gores, atau luka memar, Anda juga bisa menggunakan rebusan air Mimba. Pastikan Air yang digunakan steril dan benar-benar matang.

8. Program Keluarga Berencana

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak Mimba tidak memberikan efek samping terhadap penggunaan alat kontrasepsi. Mungkin belum banyak yang tahu kalau minyak Mimba dapat juga dijadikan sebagai pembantu kelancaran program keluarga berencana (KB).

3 Manfaat Daun Mimba Untuk Perawatan Kulit

1. Menghalau Jerawat

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat di wajah anda, maka bahan alami dari daun Mimba ini bisa menjadi solusinya. Daun Mimba dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan merebus daun mimba. Kemudian tunggulah air rebusan tersebut dingin, barulah kemudian basuh kulit wajah dengan air tersebut. Anda bisa melakukannya secara rutin.

2. Pelembab Kulit

Kulit kering merupakan salah satu masalah yang kerap mengganggu penampilan. Daun Mimba bisa juga digunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit sehingga tidak kering lagi. Caranya adalah, anda bisa meracik daun Mimba dengan mencampurkan rebusan daun Mimba dengan jeruk, madu, youghurt dan susu kedelai. Masker ini bisa diaplikasikan pada wajah anda sebanyak tiga kali seminggu.

3. Memperkecil Pori-pori

Pori-pori kulit kerap kali menjadi sumber masalah pada wajah. Untuk mengatasi masalah pori-pori kulit yang besar dapat dilakukan dengan cara menggunakan pasta daun Mimba sebagai masker wajah. Pori-pori wajah yang kecil akan ikut mencegah timbulnya jerawat dan noda hitam pada wajah. Sehingga penampilan dan kesehatan wajah pun akan tetap terjaga.

3 Manfaat Daun Mimba Untuk Perawatan Rambut

1. Pelembab Rambut

Tidak hanya untuk kecantikan wajah,daun Mimba bisa juga untuk memelihara kelembaban rambut. Sebagai mahkota terutama bagi para wanita, memiliki rambut yang sehat terawat adalah hal yang penting salah satunya dengan menjaga kelembaban rambut. Caranya mudah saja yaitu dengan merebus bersama-sama daun Mimba, air dan madu. Campuran ini bisa digunakan sebagai kondisioner alami.

2. Mengurangi Ketombe

Ketombe juga merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi banyak orang. Rasa gatal yang timbul pada kulit kepala yang diakibatkan oleh ketombe tentu saja hal yang cukup myebalkan. Jika dengan pencuci rambut anda biasanya tidak mempan menghilangkan ketombe, maka cobalah dengan menggunakan bahan alami yaitu daun Mimba yang mengandung zat antifungi dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah ketombe.

3. Mengurangi Kerontokan

Rambut rontok merupakan masalah yang biasa terjadi namun ketika semakin banyak rambut rontok dan rambut pun semakin tipis, hal ini bisa saja menyebabkan terjadinya kebotakan jika sudah parah dan tidak diatasi segera. Kurangnya nutrisi bagi rambut menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk menutrisi rambut sehingga menjadi lebih kuat, daun Mimba bisa menjadi pilihan. Kandungan alami dalam daun Mimba dapat menstimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat.

2 Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan Mulut

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kebersihan mulut merupakan suatu hal yang penting untuk menunjang kesehatan serta penampilan. Namun beberapa masalah terjadi pada mulut seperti gusi berdarah, bau nafas dan plak. Kandungan dalam daun Mimba berkhasiat memelihara kesehatan mulut dari beberapa masalah tersebut. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba menggunakan produk pasta gigi dengan bahan dari daun Mimba.

2. Pemutih Gigi

Memiliki gigi berwarna kuning tentu saja dapat mengurangi kepercayaan diri. Banyak cara bisa dilakukan untuk memutihkan gigi demi menunjang penampilan yang menarik. Salah satunya dengan cara yang alami menggunakan bahan dari alam yaitu daun mimba. Adanya pasta gigi yang terbuat dari daun Mimba bisamenjadi solusi memutihkan gigi anda hingga menjadi cemerlang.

Banyak penelitian terkait manfaat daun Mimba begitu juga banyak ahli memang telah mengungkapkan kegunaan dari daun Mimba seperti segudang manfaat yang telah disebutkan di atas. Terlebih lagi sejarah penggunaan daun Mimba sejak jaman dulu kala menjadi bukti khasiatnya. Namun dalam menggunakan daun Mimba tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu potensi efek samping yang bisa ditimbulkan.

Daerah Asal Pohon Mimba

Didaerah asalnya tumbuhan ini (India) dikenal dengan sebutan the village pharmacy, digunakan untuk anti inflamasi, demam, antibakteri, anti diabetes, penyembuhan penyakit kulit, penyakit kardiovaskular, dan insektisida. Daun Mimba juga di gunakan sebagai repelan, obat penyakit kulit, hipertensi, diabetes, anthelmintika, ulkus peptik, dan antifungsi. Selain itu bersifat antibakteri dan antiviral.

Efek Samping Daun Mimba

Reaksi atau efek samping yang timbul akibat penggunaan daun Mimba tentu saja berbeda pada setiap orang tergantung pada banyak hal dan kondisi. Bisa saja anda mengidap alergi atau sedang mengidap penyakit tertentu yang justru memiliki efek samping yang buruk jika menggunakan daun Mimba baik dalam mengatasi masalah kecantikan hingga kesehatan tubuh.

Bagaimanapun juga informasi ini merupakan referensi pengetahuan awal bagi anda yang tertarik dengan khasiat daun Mimba. Telususri lebih dalam lagi terkait dengan daun Mimba. Oleh karena itu jangan lupa berkonsultasi dengan dokter dan para ahli sebelum memulai menggunakannya. Mungkin artikel dengan judul Fenomena Bajakah Obat Kanker yang Menggiurkan dan Menjanjikan, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update