Manfaat Dan Cara Daun Wortel Menyelamatkan Banyak Nyawa Manusia

Manfaat Dan Cara Daun Wortel Menyelamatkan Banyak Nyawa Manusia

Rahasia Daun Wortel Menyelamatkan Banyak Nyawa Manusia

gunanya.com- Apakah kalian masih ingat dengan ocehan orangtua kamu dulu yang suka bawel nyuruh kamu makan sayuran khususnya wortel ?. Yang pernah ditakut-takutin dengan kalimat, "nanti kamu buta kalau enggak rabun kalau enggak mau makan wortel".

Ternyata bawelnya orangtua kamu dulu baru kamu sadari sekarang, bahwa bawelannya yang memekakan telinga buat nyuruh kamu makan sayur wortel, itu adalah benar.  Tapi mungkin masih banyak juga yang malahan sampai sekarang masih sungkan atau mengabaikan bawelan orangtuanya untuk makan wortel.
Tapi mimin pastikan bahwa mimin bukanlah golongan orang yang susah makan sayur, apalagi "wortel". Wortel termasuk salah satu jenis sayuran favorit mimin, mimin paling suka mengkonsumsi wortel dalam keadaan mentah atau tanpa dimasak. Karena mimin sangat menyukai rasa alami dari wortel itu sendiri.

Nah tapi disini mimin mau berbagi pengetahuan masih mengenai wortel, namun mimin lebih fokus kepada manfaat dari daun wortel itu sendiri. Karena pastinya banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat dari daun wortel. Daun wortel biasanya dibuang pada saat akan memasaknya didapur.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata daun wortel memiliki segudang khasiat dan manfaat yang diluar dugaan kita selama ini. Nih disimak aja ya!...

Zat yang terkandung pada daun wortel

Klorofil

Klorofil adalah zat hijau daun yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Fungsi Detoksifikasi, Klorofil sangat efektif untuk membersihkan racun baik di usus, darah, atau lever Anda. Beragam logam berat dan limbah lainnya juga bisa hilang. Serta yang juga dipercaya dan juga berkhasiat di dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta mencegah pertumbuhan tumor di tubuh.
  2. Fungsi Menyeimbangkan kadar pH, Klorofil membantu untuk menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kesehatan tertentu.
  3. Fungsi Antioksidan, Tingginya zat antioksidan di dalam klorofil akan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif serta memperlambat proses penuaan di tubuh.
  4. Fungsi Penyerap mineral, Konsumsi klorofil akan membantu penyerapan mineral dalam tubuh khususnya magnesium dan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan fungsi tubuh lainnya.
  5. Fungsi Menyehatkan Darah, Konsumsi klorofil juga dikatakan mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah.
  6. Fungsi Kontrol Gula Darah, Kandungan magnesium di dalam klorofil membantu mengendalikan kadar glukosa darah, khususnya pada mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2.
  7. Fungsi Pencegah kanker, Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa klorofil mampu mencegah kanker dengan cara mengekang pertumbuhan sel kanker.

Mineral

Mineral dibutuhkan tubuh untuk membantu memaksimalkan dalam mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh, jenis mineral dan fungsinya:

  1. Kalsium, Bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi, bertanggung jawab pada kontraksi otot, impul saraf, kerja jantung, dan pembekuan darah yang benar.
  2. Magnesium, Mendukung struktur tulang, hati, menjaga keseimbangan alkalin tubuh.
  3. Sodium, Menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan impul saraf.
  4. Potasium, Memaksimalkan membran sel, penting untuk ritme jantung.
  5. Zinc, Sintesis protein, transportasi karbondioksida, memengaruhi fungsi seksual, metabolisme karbohidrat, menyembuhkan luka.
  6. Besi, Penting untuk formasi hemoglobin, transportasi oksigen.

Cara pemanfaatan dan mengkonsumsi daun wortel

Bahan:
- Beberapa lembar daun wortel yang segar
- 2 buah Apel atau pir (pilih sesuai selera)
- 2 cangkir air

Cara membuat
Masukan semua bahan di dalam blender. Kemudian giling hingga halus dan habiskanlah segera.

Nah gimana ? masih mau membuang sia-sia daun wortel ? sayang kan kalau dibuang, sedangkan manfaatnya sangat luar biasa. Rugi banyak kalau dibuang gitu aja. Ayo mulai sekarang terapkan hidup sehat dengan memanfaatkan lebih daun wortel dirumahmu. Baiklah sampai disini dulu artikel Manfaat Dan Cara Daun Wortel Menyelamatkan Banyak Nyawa Manusia. Mungkin artikel dengan judul Sayuran cocok untuk pengidap diabetes, menarik juga untuk dibaca.

Tunggu artikel selanjutnya mengenai pembahasan Manfaat Akar dari Wortel, jika tertarik dengan website ini dan tidak ingin ketinggalan artikel menarik lainnya, silahkan isi alamat e-mail anda untuk notifikasi dan pemberitahuan update artikel dari website gunanya.com ini.

referensi: kompas.com 8%

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update