Manfaat Ciplukan untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Ciplukan untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Ciplukan
gunanya.com | Manfaat Ciplukan untuk Mengobati Penyakit

Rahasia Ciplukan dan Berjuta Manfaat Tak Terduga untuk Mengobati Banyak Penyakit

gunanya.com- Kali ini mau bahas obat mujarab yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan salah satunya mengobati penyakit cacar. Penyakit cacar pada umumnya dialami oleh balita namun, cacar juga dapat menyerang pada saat sudah berusia remaja ataupun dewasa. Dulu pernah pada waktu kuliah semester tiga pada tahun 2011. Pada saat itu ada punya teman, teman pada saat itu berusia 19 tahun. dan terserang cacar, sehingga menyebakan dia tidak masuk kuliah hampir satu bulan.

Ternyata pada saat itu teman saya dihari pertama sampai dua minggu berlalu, dia dan keluarganya belum tau obat yang tepat untuk mengobati penyakitnya. Selama dua minggu tersebut teman saya hanya mengandalkan obat kimi dari dokter, sampai pada akhirnya ada seseorang yang mengatakan kepadanya untuk menggunakan ciplukan untuk sebagai pengobatan penyakit cacarnya.

Mengenal ciplukan

Ciplukan sebutan yang biasanya saya gunakan, atau beberapa bahasa  daerahnya cecendet, kopok-kopokan, nyurnyuran. Ciplukan (Physallis angulata L.) adalah tumbuhan yang masuk dalam kerajaan plantae, ber-divisi Magnoliphyta, dan berkelas Magnoliopsida. Tanaman ini termasuk kedalam ordo Solanales dan berfamili Solanaceae. Genus yang dimiliki tanaman ini adalah Physalis. Ciplukan adalah tanaman yang buahnya kecil dan merupakan tumbuhan semak semusim dan tergolong sebagai tanaman liar. Tanaman perdu ini bisa ditemukan di tempat agak terlindung seperti di tanah-tanah kosong yang agak lembab dan tidak terlalu becek, seperti di tepi selokan, tepian rel kereta api, tepian kebun, lereng-lereng tebing sungai, dan tepian sawah.

Ciplukan memiliki kelopak yang berfungsi untuk melindungi buah. Pada saat matang maka kelopak yang melindungi buah akan berubah warna dan membesar, sebelum berbentuk buah bentuknya adalah bunga dan muncul disela ketiak batang. Dan jika sudah matang, biasanya buahnya terasa manis pahit dan sedikit asam dan cukup enak dimakan (menurut saya) dalam kondisi mentah tanpa dimasak. Namun perlu kita ketahui bahwa ternyata bauh ciplukan ini, bukanlah tumbuhan asli nusantara kita. Ternyata ciplukan ini berasal dari kawasan tropis Amerika Latin.

Zat yang terkandung pada ciplukan

Pada buah ciplukan banyak terdapat kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan nutrisi tubuh diantaranya adalah:

Asam sitrat (di dalam buah)
Fisalin (di dalam buah)
Alkaloid
Asam malat
Tanin
Kriptoxantin
Vitamin C
dan Gula buah

Manfaat dan cara menggunakan ciplukan

Tanaman sejenis terung-terungan ini memiliki beberapa khasiat yang diantaranya adalah untuk mengobati diabetes, ayan, paru-paru, kanker tiroid, influenza. Namun khasiat lain dari tanaman ini jika digunakan untuk obat luar adalah untuk meredakan peradangan, mengobati bisul, dan menyembuhkan borok.

1. Ayan

Ramuannya adalah dengan memakan buah ciplukan sebanyak 8-10 butir setiap harinya.

2. Sakit paru-paru

Ambil tumbuhan ciplukan, Potong tumbuhan tersebut menjadi bagian kecil yang berukuran 3-4 cm. Jemur potongan tersebut, bungkus potongan yang telah dijemur agar tidak lembab. Ambil kira-kira 9-15 gram potongan buah ciplukan dan rebus, gunakan 3-5 gelas air untuk merubus dan rebus potongan tersebut hingga air yang tersisa hanya satu gelas. Setelah mendidih saring rebusan tersebut, minum 3 kali sehari.

3. Obat influenza dan sakit influenza tenggorokan

Ambil tumbuhan ciplukan. Potong tumbuhan tersebut menjadi bagian kecil yang berukuran 3-4 cm. Jemur potongan tersebut, bungkus potongan yang telah dijemur agar tidak lembab. Ambil kira-kira 9-15 gram potongan buah ciplukan dan rebus, air rebusan buah ciplukan diminum. Minum air sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Ramuan ini juga dapat digunakan oleh penderita penyakit batuk rejan (pertussis), radang paru-paru (bronchitis), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).

4. Bisul

Petik daun ciplukan sebanyak setengah genggam, cuci bersih buah tersebut. Haluskan atau giling daun yang telah dicuci. Daun yang telah dihaluskan atau digiling lantas dibalurkan pada bisul, pastikan bisul tertutup oleh daun tersebut. Tutup bisul dengan perban, ganti setiap 2 hari sekali.

5. Kencing Manis (diabetes)

Ambil tumbuhan ciplukan, potong tumbuhan tersebut menjadi bagian kecil yang berukuran 3-4 cm. Jemur potongan tersebut, bungkus potongan yang telah dijemur agar tidak lembab. Ambil kira-kira 9-15 gram potongan buah ciplukan dan rebus, gunakan 2 gelas air untuk merubus dan rebus potongan tersebut hingga air yang tersisa hanya satu gelas. Saring air rebus tersebut setelah dingin. Minim rebusan sekaligus pada pagi hari, ampas saringan bisa digunakan sekali lagi, rebus dan minum pada sore hari.

6. Borok

Petik daun ciplukan sebanyak setengah genggam. Cuci bersih buah tersebut, Haluskan atau giling daun yang telah dicuci. Daun yang telah dihaluskan atau digiling dicampur dengan air kapur sirih lantas dibalurkan pada bisul, pastikan bisul tertutup oleh daun tersebut. Tutup bisul dengan perban, ganti setiap 2 hari sekali.

Selain 6 manfaat ciplukan di atas, ternyata ciplukan atau Lenjuhang dapat digunakan sebagai ramuan untuk memperbesar ukuran payudara, mengencangkan, dan merawat payudara agar terlihat menarik dan lebih sehat.

Tambahan informasi

Ternyata tanaman ini sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat karena memang manfaat yang didapat dari tanaman ini sangat luar bisa. Bahkan tanaman ini telah masuk ke gerai-gerai dan beberapa supermarket di sekitar kita. Mungkin artikel dengan judul Menambah Ukuran Payudara Dengan Ramuan Alami, menarik juga untuk di baca.

Cara membuat selai ciplukan

Bahan
  1. 1 kg gram (6 cangkir) buah ciplukan
  2. 1 ½ cangkir Gula
  3. ½ cangkir madu
  4. ½ batang kecil kayu manis, opsional (porsi kayu manis dapat ditambah sesuai selera)
  5. 2 sdm jus jeruk
  6. 2 sdm air jeruk nipis

Cara pembuatan cake ciplukan lezat

  1. Cuci dan kringkan buah ciplukan dengan handuk dapur. 
  2. Lumatkan 2 cangkir ciplukan dan potong sisanya
  3. Siapkan mangkok tahan panas dan masukan semua bahan.
  4. Panaskan mangkok dan aduk bahan.
  5. Setelah gula mencair dan campuran mulai mendidih (kira-kira 3-4 menit), kecilkan panas api dan masak selama 25-30 menit.
  6. Periksa kekentalan bahan,apabila kurang kental, masak lagi selama 5 menit
  7. Setelah mencapai kekentalan yang diingkan, ambil adonan selai tersebut dan masukan kedalam botol kaca. pastikan botol tidak terisi penuh. sisakan ruang setinggi 3 cm di dalam botol untuk memberikan ruang. kocok botol dengan membaliknya ke atas dan kebawah.
  8. Simpan di ruangan yang tidak mendapat cukup sinar
  9. Apabila telah digunakan, simpan selai dalam lemari es.
Demikian artikel mengenai Tumbuhan Ciplukan Berjuta Manfaat Tak Terduga Untuk Mengobati Banyak Penyakit ini. Semoga artikel ini dapat membantu kita dan jika bermanfaat silahkan share kepada orang yang juga membutuhkan informasi ini.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !
  1. Ciplukan, dulu sering konsumsi itu kalo habis main bola, skrng di depok sudah susah di cari.

    ReplyDelete
  2. di marketplace ada tuh gan di jual.

    ReplyDelete

Manfaatkan fasilitas komentar sebaik-baiknya, bukan untuk memancing keributan. Bersikaplah sopan dan santun. Terimakasih

Artikel Update