Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Manfaat batang pisang untuk kesehatan dan perawatan tubuh
gunanya.com Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

gunanya.com- Tumbuhan berdaun lebar dari suku Musacea atau yang biasa dikenal dengan Pisang, adalah jenis tumbuhan yang memiliki buah yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, buah pisang juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin untuk mencukupi nutrisi bagi tubuh. Karena sangat bermanfaatnya pisang ini bagi manusia, maka sudah banyak dijaman sekarang ini yang telah membudidayakan pisang untuk memenuhi permintaan atas konsumsi buahnya yang semakin meningkat.

Komponen atau Morfologi Pohon Pisang 

1. Akar Pisang

Pada umumnya akar pisang adalah berserabut atau tidak berakar tunggang dan menyebar menyebar kesamping permukaan tanah dan memiliki warna kotor kecoklatan. Meski demikian akarnya tetap tumbuh dengan baik dan cukup kokoh untuk menopang batangnya.

2. Batang Pisang

Batang dari pisang pada umumnya memiliki warna hijau muda dan berbentuk bulat silinder dan memiliki dua bagian yaitu batang utama atau asli dan batang semu atau batang palsu yang berfungsi untuk melindungi tunas baru yang muncul dengan membentuk lapisan baru pada batang pisang.

3. Daun Pisang

Karena tumbuhan pisang ini berasal dari suku Musacea, maka tumbuhan ini sudah pasti berdaun lebar dan memanjang juga melebar dengan menumpu pada pertulangan daun tunggal yang membentuk pelepah. Dengan bagian tepi daun merata dan pada bagian ujung daunnya adalah tumpul. Dan daunnya adalah berwarna kehijauan dan pada permukaan daun biasanya berwarna garis keputihan.

4. Bunga Pisang atau Jantung Pisang

Untuk bunga pisang jika dilihat dari fisiknya hampir menyerupai jantung, maka sering disebut juga dengan sebutan jantung pisang. Jika dilihat dari segi warna, maka pada umumnya warna dari bunga pisang ini adalah berwarna muda kemerahan dan juga memiliki mahkota dengan warna kekuningan dan memiliki seperti serabu dengan warna kehitaman. Bunga pisang ini disetiap batang pisang, Hanya akan muncul satu buah karena bunga pisang ini adalah cikal bakal dari tandan pisang dan muncul selalu pada bagian ketiak daun.

5. Buah Pisang

Buah pisang adalah bagian paling sering dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan. Pada umumnya buah pisang berjumlah 8 - 10 buah atau bahkan bisa lebih dari setiap sisir nya tergantung dari jenis varietasnya.

Setelah kita mengenal bagian-bagian dari pohon pisang, maka disini kita akan lebih fokus kepada pembahasan Manfaatkan Batang Pisang Untuk Kesehatan Dan Perawatan Bagi Tubuh Anda. Ternyata kulit dan batang pisang mengandung zat tanin yang berguna untuk antiseptik dan zat saponin sangat berguna dan bermanfaat untuk mengencerkan dahak. Buah pisang juga adalah salah satu buah yang pasti ditemukan didalam list menu buah-buahan para atlit sedunia.

5 Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan

1. Mengobati Luka

Cara penggunaan: Ambil getah dari anak pisang secukupnya, namun sebelumnya bersihkan dahulu area luka yang akan diobati. Selanjutnya ambil bonggol pisang secukupnya dan tumbuk hingga halus, setelah halus maka aplikasikan ke permukaan yang terluka.

2. Mencegah demam nifas pasca melahirkan

Cara penggunaan: ambil batang pisang secukupnya kemudian bersihkan sebersih mungkin dengan air bersih, kemudian parut hingga halus. Setelah halus kemudian peras hasil parutan sebelumnya untuk kemudian diambil airnya. Selanjutnya saring airnya dan siap diminum setidaknya 2 kali dalam sehari.

3. Mengobati cacar air

Cara penggunannya: Lakukan seperti penerapan pada nomor 2, hanya saja yang dibutuhkan adalah bonggol pisang batu. Setelah itu campurkan dengan adas dan pulosari dan siap diminum setidaknya 2 kali dalam sehari.

4. Mengobati radang tenggorokan atau amandel

Cara penggunannya: Lakukan seperti penerapan pada nomor 2, hanya saja yang dibutuhkan adalah bonggol pisang kepok. Kemudian airnya digunakan untuk berkumur dan lakukan 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati anemia

Cara penggunannya: Lakukan seperti penerapan pada nomor 2, hanya saja yang dibutuhkan adalah anak batang pisang kepok yang masih berukuran satu jengkal. Kemudian campurkan satu sendok garam pada saat sebelum diperas. Gunakan dengan cara diminum 2 kali satu hari, masing masing 3 sendok makan.

Demikian beberapa pembahasan cara Manfaatkan Batang Pisang Untuk Kesehatan Dan Perawatan Bagi Tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Silahkan di share untuk berbagi pengetahuan atas cara meManfaatkan Batang Pisang Untuk Kesehatan Dan Perawatan Bagi Tubuh Anda.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update